Logo Kompi Kavaleri Panser Kodam IX / Udayana ( Kikavser Dam Udayana )

Request logo by Novi Alim Murdani
Kompi Kavaleri Panser Kodam IX/Udayana (disingkat Kikavser Dam Udayana) pada awal berdirinya merupakan satuan setingkat peleton yang di BP-kan ke Kodam IX/Udayana dalam tugas pengamanan VIP/VVIP.

Sejarah

Pada tanggal 5 Mei 1986, berdasarkan SKEP KSAD Tonkavsus Paspamvip sebagai cikal bakal Kikavser Kodam IX/Udayana, diresmikan oleh Pangdam IX/Udayana pada saat itu. Pada tanggal 21 Maret 2001 satuan ini di validasi menjadi Kikavser Kodam IX/Udayana ditandai dengan upacara militer dengan inspektur upacara Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Willem Da Costa.
Seperti satuan-satuan kavaleri Indonesia lainnya, satuan KIKAVSER KODAM IX UDAYANA mempunyai lambang satuan "Shimha Pasupati" yang berwujud singa putih pulau Dewata Bali. Lambang ini diambil dari hikayat warga Jembrana Bali akan eksistensi singa putih di hutan Bali barat yang bertugas menjaga pulau Dewata dari gangguan pihak-pihak yang tidak senang akan kemajuan dan keamanannya. Dengan mengadopsi lambang ini diharapkan satuan Kikavser dapat menjelma menjadi seperti "Shimha Pasupati"

Sumber artikel : Wikipedia

Previous
Next Post »
0 Komentar