Peranan PT. ANI SUBAM PERKASA UNIT SPBU km 18 Aimas dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang
Sektor pengisian bahan bakar (SPBU) seperti halnya sektor-sektor jasa lainnya, dituntut untuk dapat menjaga tingkat pelayanan yang baik dimata masyarakat dalam menjalankan operasionalnya. Oleh karena itu dalam kerja praktek ini bagaimana peranan PT. ANI SUBAM PERKASA UNIT SPBU km18 Aimas dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.
Dalam kerja praktek, saya ingin mengetahui peranan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan terhadap pengendara roda dua maupun roda empat. Karena diharapkan karyawan menjadi mampu menyelesaikan tugas dan pekerjaan tepat, cepat pada waktunya. Selain itu diharapkan akan mendorong karyawan agar mempunyai etos dan semangat kerja yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas kerjanya.
Peningkatan kualitas karyawan secara langsung akan berpengaruh pada kemajuan dan keberhasilan perusahaan. Tetapi seperti halnya perusahaan SPBU km18 Aimas menghadapi masalah dalam meningkatkan kinerja karyawan. Dalam hal ini pelaksanaan program peningkatan kerja karyawan belum optimal.
Pelayanan di katakan baik jika dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Cepat
Cepat maksudnya adalah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen harus di kerjakan dengan cepat tidak bertele-tele karena konsumen sangat senang bila proses transaksi yang dilakukan cepat selesai.
2.      Tepat
Dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen para karyawan atau pegawai dituntut untuk tidak melakukan kesalahan dalam atau kekeliruan dalam memeberikan pelayanan.
3.      Nyaman
Kenyamanan merupakan hal yang di butuhkan dalam melayani konsumen, konsumen merasakam nyaman tidak saja dari penampilan atau sikap, prilaku yang ditunjukkan tetapi juga tempat atau ruangan yang digunakan dalam melakukan pelayanan.
Ke tiga hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan langkah-langkah pelayanan. Tidak mudah dalam melakukan ketiga hal tersebut oleh karena itu sebelum melayani konsumen para pegawai atau karyawan terlebih dahulu diberi pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan tugas atau pekerjaannya.
Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk mengangkat judul  penelitian dalam suatu penulisan kerja praktek dengan tema “ PELAYANAN PELANGGAN ”.


1.2            Tujuan Kerja Praktek
Tujuan kerja praktek  untuk mengetahui :
1.      Apakah pelatihan yang diberikan oleh pihak Pertamina/SPBU kepada karyawannya sebelum bekerja dapat mempengaruhi kualitas pelayanan.
2.      Apakah lingkungan kerja disekitar SPBU AIMAS km 18  dapat mengganggu kenyamanan karyawan.
3.      Apakah masa kerja karyawan mempunyai pengaruh dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kendaraan.
Tujuan dari kerja praktek ini merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana Teknik industri (S1) dan untuk membandingkan hasil pengamatan dilapangan dengan teori yang diperoleh dari  Fakultas Teknik Industri Universitas Al-amin Sorong.

1.3           Ruang Lingkup Kerja Praktek
Ruang lingkup pembahasan masalah adalah pada divisi pelayanan SPBU Aimas km 18.

1.4           Sistematika Penulisan
Dalam penulisan laporan kerja praktek industri ini, sistematika penulisan yang digunakan adalah sebagai berikut ;
BAB I  PENDAHULUAN
 Berisikan latar belakang tujuan kerja praktek, batasan Masalah dan sistematika penulisan.
BAB II ORGANISASI PERUSAHAN/INSTANSI.
Berisikan secara singkat sejarah perusahaan, stuktur organisasinya dan bidang usaha yang di kerjakan oleh perusahaan atau industri tempat mahasiswa melakukan praktek.
BAB III LANDASAN TEORI
Landasan teori memuat penjelasan tentang konsep dan prinsip dasar yang di perlukan untuk memecahkan masalah pekerjaan dan untuk merumuskan hipotesis apabila memang di perlukan. Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif, model matamatis, atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan permasalahan yang di kerjakan.
BAB  IV MANAJEMEN PELAYANAN SPBU AIMAS
Bab ini menjelaskan tugas-tugas yang di kerjakan pada saat kerja praktek.dapat berupa teori, perancanaan, pemograman atau analisa dari pekerjaan yang telah di lakukan.
BAB V KESIMPULAN
Kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang di jabarkan dari hasil studi literatur atau landasan teori dari penyusunan laporan kerja praktek.
Donlod File lengkapnya di Link ini :http://www.ziddu.com/download/9388516/kpmalimudofir.rar.html



Previous
Next Post »
0 Komentar