BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Waktu dan Tempat Penelitian
- Untuk membuat aplikasi presensi mahasiswa menggunakan kartu magnetik dari awal penelitian hingga aplikasi tersebut dapat digunakan, penulis membutuhkan waktu ± 4 bulan. Yaitu dari awal bulan Agustus sampai dengan akhir November 2009. dan,
- Tempat dilakukan penelitian pada UNIVERSITAS AL-AMIN (UNAMIN) SORONG yang beralamat di JL. Pendidikan Km.8.
3.2 Metode Pengumpulan Data
Di dalam penulisan skripsi ini penulis berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan data yang obyektif guna menjamin penyajian skripsi ini agar dapat dipertanggung jawabkan. Adapun teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah sebagai berikut :
1. Field Research
Yaitu metode pengumpulan data dengan cara melakukan penelitian langsung pada lapangan dengan melihat obyek-objek yang ada kaitannya dengan permasalahan, yaitu interview dan observasi
a. Interview
Yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara langsung dengan responden atau sumber data penelitian.
b. Observasi
Yaitu cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung daan membuat catatan sistematis terhadap objek yang di amati.
2. Library Research
Yaitu pengumpulan data dengan jalan melakukan penelitian lewat perpustakaan dengan mempelajari literatur - literatur yang ada hubungannya dengan permasalahan.
3.3 Alat dan Bahan Penelitian
Pada penelitian ini dipisahkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam perancangan aplikasi basis-data absensi mahasiswa berbasis kartu magnetik. Tabel 3.1 menunjukkan alat-alat yang dibutuhkan dalam penelitian.
Tabel 3.1 Alat-alat penelitian
Nama | Jumlah | Keterangan |
Kompoter Server | 1 | Untuk merancang aplikasi dan untuk dijadikan Server |
Komputer Client | 1 | Untuk menjalankan program dan untuk dijadikan client |
Aplikasi MS. Visual FoxPro 9.0 | 1 | Untuk marancang antarmuka program |
Aplikasi MySQL Administrator 3.51 | 1 | Sebagai basis-data administrator MySQL |
Aplikasi MyOBDC 3.51 | 1 | Penghubung basis-data dengan S/W MS. Visual FoxPro |
Aplikasi Appserv 2.5 | 1 | Agar basis-data dapat digunakan secara banyak pengguna |
Aplikasi EMS Manager 3 | 1 | Untuk mengolah table basis-data |
Magnetic Carc Reader | 1 | Sebagai pembaca kartu magnetik |
Selain itu bahan–bahan yang dibutuhkan dalam penilitian ini ditunjukkan pada Tabel 3.2.
Tabel 3.2 Bahan penelitian
Komponen | Jumlah | Keterangan |
Kabel LAN UTP | 10 meter | Penghubung antar komponen |
Konektor RJ-45 | 2 buah | Konektor untuk kabel LAN (Local Area Network) |
Kartu Magnetik | Sesuai kebutuhan | Sebagai identitas untuk mahasiswa dan dosen |
HUB 8 Port | 1 buah | Penghubung antar computer maksimal 8 komputer |
3.4 Langkah-langkah Penelitian
Dalam melaksanakan perancangan aplikasi basis-data absensi mahasiswa berbasis kartu magnetik ini terdapat tiga bagian penting yaitu perancangan perangkat-lunak, perancangan perangkat-keras, dan perancangan perangkat secara keseluruhan. Secara garis besar untuk perancangan tersebut dapat dilihat pada diagram-alir Gambar 3.1. Pada Gambar 3.1 dapat dijelaskan mengenai tahapan-tahapan perancangan aplikasi basis-data absensi mahasiswa berbasis kartu magnetik sebagai berikut.
1. Persiapan bahan dan alat dalam perancangan meliputi, pada tahap awal ini dilakukan pengujian terhadap magnetic card reader, untuk memastikan magnetic card reader dapat berfungsi dengan baik.
2. Perancangan perangkat-lunak meliputi perancangan tabel dan perancangan program.
3. Perancangan perangkat-keras, meliputi instalasi komputer dan perancangan jaringan komputer model client-server.
4. Perancangan keseluruhan merupakan gabungan dari hasil perancangan perangkat-lunak dan perancangan perangkat-keras.
Donlod File lengkapnya di Link ini :http://www.ziddu.com/download/9388654/ruslanskripsiunamin.rar.html
0 Komentar