BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bangsa Indonesia dari mulai merdeka sampai saat ini masih mengalami perkembangan baik dari segi Pembangunan, Perkembangan Wilayah, (khususnya papua sekarang) Budaya, dan Pendidikan, dengan berjalannya perkembangan tersebut tidak sedikit hambatan dan permasalahan yang muncul.
Permasalahan yang timbul diantaranya adalah masalah pendidikan, oleh karena itu perkembangan tidak akan berjalan dengan baik kalau tidak seimbang dengan mutu pendidikan yang sedang di alami oleh anak-anak bangsa kita saat ini maka perkembangan selanjutnya pasti akan mengalami penurunan, jadi salah satu masalah Bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Untuk itu perbaikan, perhatian dan peningkatan mutu pendidikan merupakan hal pokok yang perlu menjadi perhatian, karena peningkatan mutu pendidikan merupakan kebutuhan utama dalam program pembangunan Nasional.
Pada saat melaksanakan Praktek Mengajar Lapangan (PML) pada salah satu sekolah yaitu SMP Negeri 5 Sorong, setelah penulis mengamati dari hasil ulangan harian dan ulangan semester ternyata hasilnya masih rendah nilai rata-rata matematika siswa berkisar 45 yang dalam kategori penilaian termasuk kategori rendah. Rendahnya nilai yang dicapai atau rendahnya mutu pendidikan di sekolah ini, tidak semata-mata disebabkan oleh faktor siswa saja, tapi sangat ditentukan pula metode atau pendekatan yang digunakan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar.
Dengan melihat keadaan yang begitu memprihatinkan, penulis akan mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan mengadakan inovasi didalam strategi pembelajaran dikelas. Salah satu “konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapanya dalam kehidupan mereka sehari-hari” yaitu Pendekatan Kontekestual (Contextual Teaching and Learning)” dengan konsep ini hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa, lebih mudah dipahami siswa dan akhirnya siswa menjadi tertarik belajar matematika, dan terjadi peningkatan hasil belajar matematika sesuai dengan pendapat dalam bukunya (Sungkowo,2003:1) “Belajar matematika akan lebih bermakna jika anak ‘mangalami’ apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui-nya”. Pembelajaran yang menguasai target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetensi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. (Budiningsih,2004:97) Dalam bukunya dikatakan bahwa “ Keaktifan siswa menjadi unsur yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan belajar. Aktifitas mandiri adalah jaminan untuk mencapai hasil belajar yang optimal”.
Berdasarkan pengalaman penulis pada saat PML terhadap proses pembelajaran siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 perlu adanya strategi pembelajaran baru, sehubungan dengan permasalahan diatas penulis akan mengadakan penelitian tindakan kelas yang berjudul “ Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Sorong”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas maka permasalahan yang menjadi fokus perhatian dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
“Apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Sorong dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kontekstual dengan melakukan tindakan kelas?”
C. Tujuan Penelitian
Sejalan dengan rumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Sorong melalui pembelajaran kontekstual.
D. Manfaat Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diharapakan memberi manfaat kepada berbagai aspek diantaranya :
a. Bagi Siswa
Diharapkan siswa dapat menanamkan konsep dengan baik dan dapat menyelesaikan permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan matematika, memudahkan siswa dalam mempelajari materi matematika ketingkat berikutnya sesuai dengan kondisi mereka sehingga mereka termotivasi untuk mempelajari matematika pada akhirnya nilai matematikanya meningkat, setelah diterapkanya model pembelajaran kontekstual.
b. Bagi Guru
Guru dapat mengetahui metode yang harus diterapkan pada saat mengajar kepada siswa agar siswa dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan penuh makna dan bermanfaat,sehingga guru dalam mengajar tidak sia-sia dan mengetahui sejauh mana model pembelajaran kontekstual diterapkan.
c. Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk sekolah, diantaranya dapat memberi informasi tentang pentingnya pembelajaran kontekstual dalam pengembangan mutu dan hasil belajar untuk masa yang akan mendatang.
E. Batasan Istilah
Agar tidak terjadi kesalahan dalam mengartikan istilah-istilah yang digunakan pada saat penelitian maka akan diuarikan istilah-istilah sebagai berikut : Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dalam penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Untuk mendowunload file di atas dalam format PDF, Silahkan klik link di bawa h ini
Download juga Skripsi teknik sipil dengan tema lain di bawah ini
Mau Buat Gambar Animasi Dan Baanner atau Format Gif…. Download aplikasinya di sini
Mau menyimpan Data Dalam bentuk E-book… klik link dibawah untuk Download aplikasinya
0 Komentar