Latest Artikel :

Studi evaluasi kebutuhan areal parkir di universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Kampus memiliki kegiatan manajemen, baik yang berkaitan dengan sumber daya manusia, keuangan, dan juga kegiatan. Jumlah dan perubahan data yang berlangsung secara rutin atau tak tentu memerlukan pengelolaan. Meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi ke kampus, baik mobil atau motor sebagai moda transportasi menuju kampus seiring dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru setiap tahun berdampak terhadap penyediaan lahan parkir dan kelancaran lalu – lintas di dalam dan sekitar kampus Universitas Al- Amin Sorong.
Tingkat kesadaran masyarakat kota Sorong akan pendidikan yang sangat tinggi, secara tidak langsung hal itu dapat dilihat dengan munculya sekolah tinggi serta universitas-universitas baru di kota Sorong sejak beberapa tahun belakangan. Salah satunya adalah Universitas Al –Amin Muhamadiyah. Universitas ini merupakan universitas swasta yang mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya yang ada dikota Sorong. Pendirian Universitas Al –Amin (UNAMIN) Sorong tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan STIA Al – Amin Sorong tahun 1982, sebab sebagai embrio kehadiran Universitas Al- amin (unamin). Universitas Al–Amin memiliki 4 gedung perkuliahan, 1 gedung perpustakaan dan kantor fakultas, 1 gedung rektorat baru, 1 gedung rektorat lama yang nantinya akan di alih fungsikan. 1 gedung ibadah, 1 ruang kantin dan lain-lain.
Jumlah mahasiswa yang masuk di Universitas ini bertambah setiap tahunnya. Dengan melihat luas lahan yang dimiliki oleh kampus yaitu 1.700 meter persegi serta jumlah mahasiswa yang bertambah setiap tahunnya. Rasanya akan terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan parkir dan ketersediaan lahan parkir oleh kampus jika tidak dibuatkan suatu manajemen perparkiran. Untuk itu kiranya perlu dibuat suatu penelitian untuk mengetahui pergerakan parkir mahasiswa. Serta dapat membuat berbagai alternatif serta kebijakan untuk menurunkan kebutuhan akan lahan parkir. Manajemen parkir merupakan suatu bagian dari Transportation Demand Management (tuntutan manajemen transportasi) yang merupakan suatu cara yang mengendalikan kebutuhan untuk melakukan perjalanan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 44 ayat (1) menyatakan, lahan untuk bangunan satuan pendidikan, seperti lahan praktik, lahan untuk prasarana penunjang, lahan pertamanan untuk menjadikan satuan pendidikan suatu lingkungan yang secara ekologis nyaman dan sehat.
Tidak ditemukan kata parkir dalam pasal tersebut. Begitu pula pada pasal-pasal selanjutnya dari PP tersebut. Tidak ada kata lahan parkir yang menjadi keharusan pengelola perguruan tinggi mengadakannya. “Baik lokal maupun nasional memang tidak ada standar baku untuk masalah parkir di perguruan tinggi atau sekolah,” ujar Ir. Denny Zulkaidi, dari Kelompok Keahlian Perencanaan dan Perancangan Kota .
Situasi kampus berbeda dengan wilayah komersial. Dalam aturan wilayah komersial, terdapat aturan bahwa setiap 50 meter persegi suatu tempat harus memiliki satu tempat parkir. Luasnya 25 meter persegi untuk kendaraan roda empat. Di rumah sakit luas parkir dihitung dari 65 meter persegi per luas lantai kotor. “Sedangkan kampus atau sekolah belum ada aturannya,” katanya.


1.2. MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN
Adapun maksud penulis dalam mengajukan judul skripsi ini, yaitu ingin meneliti tentang masalah yang akan ditimbulkan oleh suatu lingkungan kampus akan ketersediaan lahan parkir yang ada serta ingin membuat beberapa alternatif tentang cara – cara pengaturan lahan parkir yang baik dan ideal serta ekonomis dan mempunyai nilai keindahan. Khususnya kampus tempat peneliti kuliah yaitu Universitas Al–Amin Muhammadiyah yang ada di kota Sorong. Dan juga tentunya mempelajari aturan – aturan yang telah ada tentang perpakiran dan teknologi yang berhubungan dengan pembuatan lahan parkir yang ekonomis. Hal ini kiranya dapat dijadikan pengetahuan serta pengalaman pribadi bagi penulis dan juga semoga saja bisa dijadikan acuan untuk pemanfaatan lahan parkir yang baik oleh kampus.
Tujuan dari penelitian yang akan dipakai dalam menyelesaikan penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui sifat dan kerakter mahasiswa yang menggunakan lahan parkir di dalam kampus. Serta membuat suatu solusi tentang menajemen perpakiran di dalam kampus yang ekonomis dan menguntungkan pihak kampus dalam pemanfaatan tata ruang dan mahasiswa sebagai pengguna lahan parkir. Hal itu mengingat ketersediaan lahan parkir di dalam Kampus Universitas Al–Amin Muhammadiyah Sorong cukup terbatas dan meningkatnya jumlah mahasiswa di setiap tahunnya serta belum adanya tata kelola lahan parkir yang baik. Dengan penelitian ini diharapkan akan tercipta suatu kesadaran tentang pembuatan manajemen perpakiran yang baik di dalam kampus.
1.3. BATASAN MASALAH
Berdasarkan judul yang telah diajukan dan untuk pembahasan secara mendetail dari permasalahan yang akan timbul dari judul tersebut, perlu di buat batasan – batasan masalah agar dalam mengkaji serta mengevaluasi penelitian dari judul skripsi nanti bisa mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Adapun batasan masalah yang dimaksud yaitu :
- Evaluasi tentang luas lahan yang dibutuhkan untuk pelataran parkir dihalaman kampus universitas Al –Amin Muhammadiyah Sorong
- Penelitian tentang persentasi jumlah mahasiswa dan jumlah kendaraan pribadi yang digunakan mahasiswa yang di parkirkan dalam halaman kampus
- Memecahkan masalah lahan parkir serta mencari solusi-solusi tentang pembuatan lahan parkir yang ideal dan ekonomis, dan mencari teknologi tentang perparkiran yang baik, hemat tempat dan ramah lingkungan.

Untuk mendowunload file di atas dalam format PDF, Silahkan klik link di bawa h ini


Studi Evaluasi Kebutuhan Areal Parkir Di Universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong bab 1


Studi Evaluasi Kebutuhan Areal Parkir Di Universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong bab 2


Studi Evaluasi Kebutuhan Areal Parkir Di Universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong bab 3


Studi Evaluasi Kebutuhan Areal Parkir Di Universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong bab 4



Studi Evaluasi Kebutuhan Areal Parkir Di Universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong bab 5


Download juga Skripsi teknik sipil dengan tema lain di bawah ini


Studi evaluasi kerja terhadap kinerja mandor pada proyek konstruksi bab 1



Studi evaluasi kerja terhadap kinerja mandor pada proyek konstruksi bab 2



Studi evaluasi kerja terhadap kinerja mandor pada proyek konstruksi bab 3




Studi evaluasi kerja terhadap kinerja mandor pada proyek konstruksi bab 4



Studi evaluasi kerja terhadap kinerja mandor pada proyek konstruksi bab 5



Perencanaan Portal 3 dimensi Bab 1



Perencanaan Portal 3 dimensi Bab 2



Perencanaan Portal 3 dimensi Bab 3



Perencanaan Portal 3 dimensi Bab 4



Perencanaan Portal 3 dimensi Bab 5





Program Save As PDF


Mau Buat Gambar Animasi Dan Baanner atau Format Gif…. Download aplikasinya di sini


Aplikasi membuat Gambar atau banner Animasi


Easi Gif Animator Pro V4.9.0.40



Mau menyimpan Data Dalam bentuk E-book… klik link dibawah untuk Download aplikasinya


Aplikasi Membuat E-book




Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ardi La Madi's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger