Logo Vector Asian Games 2018 Jakarta - Palembang Indonesia

Asian Games 2018, juga dikenal sebagai Asian Games XVIII adalah kegiatan multi-olahraga yang diselenggarakan di Jakarta and Palembang, Indonesia dan direncanakan pada tanggal 18 Agustus sampai 02 September 2018.
Jakarta sudah pernah menyelenggarakan Asian Games yaitu pada tahun 1962 dan Palembang akan menjadi kota kelima yang menyelenggarakan Asian Games di luar ibu kota negara setelah Hiroshima (1994), Busan (2002), Guangzhou (2010), dan Incheon (2014), dan untuk pertama kali kegiatan multi-olahraga ini dilaksanakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Pada Asian Games 2018 terdapat 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.
Asian Games ini awalnya akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, tapi dibatalkan dengan alasan krisis ekonomi/finansial yang dialami negara tersebut. Akhirnya diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia.
Baca Juga :

Logo Sea Games Myanmar 2013

Kandidat

  • Bendera Vietnam Hanoi, Vietnam (Batal, digantikan oleh Jakarta)
Komite Olimpiade Vietnam bertujuan untuk mengajukan tawaran agar menjadi tuan rumah untuk Asian Games 2019, pada tanggal 6 September 2010. Negara ini sebelumnya menyelenggarakan SEA Games 2003, Piala Asia AFC 2007, Asian Indoor Games 2009 dan Piala AFF Suzuki 2010. Vietnam secara resmi mengajukan tawaran pada tanggal 7 Juni 2011.
Wakil ketua dan sekretaris jenderal mengatakan Vietnam membutuhkan $ 150 juta untuk pementasan Asian Games 2019, dengan $ 50 juta akan digunakan sebagai setup dan $ 7 juta digunakan untuk upgrade di Stadion Nasional My Dinh. Vietnam juga berencana untuk menambahkan lapangan bisbol, sepak takraw, wushu, kabaddi dan karate sebagai bagian dari kesepakatan dengan OCA dan juga mengusulkan vovinam, Jianzi, catur dan squash sebagai event non Asian Games.
  • Bendera Indonesia Surabaya, Indonesia
Dewan Olimpiade Asia mendukung Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Namun, tawaran tersebut belum dibuat resmi. Menteri pemuda dan olahraga Indonesia, Andi Mallarangeng telah menunjuk Jawa Timur, tepatnya kota Surabaya untuk menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Menporatelah mengajukan hal tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Februari 2012, dan surat proposal resmi akan dikirim ke Dewan Olimpiade Asia (OCA) setelahnya. Surabaya adalah kota terbesar ke-2 setelah Jakarta dengan penduduk lebih dari 2,7 juta (5,6 juta di daerah metropolitan), dan memiliki infrastruktur yang lebih baik. Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games terakhir kali pada tahun 1962 di Jakarta. Menteri pemuda dan olahraga Indonesia menyatakan, bahwa Dewan Olimpiade Asia telah mengusulkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019, dan setelah 57 tahun Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Asia untuk kedua kalinya.
Sebelumnya Palembang telah menunjukkan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Setelah upacara penutupan Sea Games 2011 yang diselenggarakan di Palembang,Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan menyatakan bahwa siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2019.
Selain itu dukungan agar Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ternyata didukung oleh negara-negara di Asia Tenggara.
  • Bendera Uni Emirat Arab Dubai, Uni Emirat Arab
Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Sheikh Fahad Al-Sabah menyatakan bahwa Dubai sedang mempertimbangkan menempatkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Sebelumnya, Dubai sudah mencalonkan diri untuk Asian Games 2014; Namun, mereka mengundurkan diri, lalu mereka mengungkapkan bahwa negara Uni Emirat Arab dapat menyediakan beberapa tempat termasuk di Abu Dhabi.
Artikel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar