Arti Istilah Puri Kirim dalam pekerjaan di Kantor Pos

Sebelumnya perkenalkan nama saya Ardi, saya mulai bekerja di kantor Pos Sorong sekitar Tahun 2008, sebagai karyawan kontrak atau outsourching. pertama saya masuk di tempatkan bagian pembantu puri kirim,!!!!!    puri kirim?????!!! apa artinya tuh,,,,bagi orang luar pasti mengira-ngira aja mungkin maksudnya bagian pengiriman ikan Puri hehewkwwwkwkwwkk ,, atau apa saja yang ada di benak mereka terserah deh,,...................saya sendiri tidak atau apa artinya yang resmi dari pihak Pos Indonesia. sempat juga di tanyakan ke manager pengoalahan, tp katanya dia juga tidak apa arti kata puri itu di pos, jadi mari kita mengartikan arti istilah puri kirim itu berdasarkan pekerjaan yang di lakukan. 

setelah para publik pelanggan kantor pos mengirimkan surat dan paket mereka melalui loket pos, maka setelah proses loket selesai akan di lakukan serah terima jabatan surat/paket ke bagian pengolahan, nah di bagian pengoalahan kantor pos ini di terima oleh petugas yang namanya petugas Puri Kirim.adapun tugas seorang Puri Kirim adalah, yang pertam kalinya dia menyortir surat/ paket berdasarkan kota tujuan, setelah itu mulai dilakukan proses entri kiriman dengan aplikasi ipos Puri Kirim, di dalam aplikasi itu yang pertama di minta adalah jenis kiriman, rata- rata di kantor pos yang penulis bekerja adalah kiriman dengan jenis Surat Kilat Khusus (SKH), Paket Kilat Khusus (PPKH) dan paket pos biasa (PPB), setelah itu yang kedua adalah tujuan kantor pos nya, Kantor Pos yang di maksud di sini adalah Kantor pos Besar atau di istilahkan dengan Kantor Pos Pemerikasa (KPRK), KPRK ini biasanya ada di setiap Kota dan kabapaten, untuk daerah kecil cuma di layanioleh kantor pos cabang atau di singkat dengan KPC, contohnya daerah Tobelo, di kabupaten Halmahera Utara ini ada kantor pos yang statusnya adalah KPC, jadi untuk kiriman yang tujuanya ke tobelo, dalam proses puri kirim akan di kirim ke KPRK yang menaungi KPC tersebut, dalam hal ini adalah Kantor Pos Ternate yang statusnya KPRK,





nah setelah proses tutupan pos untuk kantor pos tujuan selesai, ada juga proses tutupan ke dua yang di istilahkan dengan kantong gabugan, dalam proses ini, beberapa kantor tujuan akan di gabungkan menjadi satu tujuan saja, misalnya kiriman dengan tujuan jawa timur akan di gabungkan menjadi satu yaitu tujuan Kota Surabaya yang kalau dalam istilah kode pos yaitu MPC Surabaya, setelah di surabaya baru di lanjutkan ke setiap kantor pos masing-masing berdasarkan tujuan yang tertera di label kantong pos.


sekian dulu yah dari saya, penjelasan saya ini tidak berarti tidak ada kesalahan lho, karena saya mengartikan ini berdasarkan apa yang saya tau dan saya kerjakan,nah bagi para pembaca yang lebih tau tentang ini, bisa berkomemnta di bawah agar dapat memperlengkap dari artikel ini,




Title : Arti Istilah Puri Kirim dalam pekerjaan di Kantor Pos
Description : Sebelumnya perkenalkan nama saya Ardi, saya mulai bekerja di kantor Pos Sorong sekitar Tahun 2008, s...
Protection : DMCA.com Protection Status
Sumber :