PENINGKATAN HASIL BELAJAR METEMATIKA MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN BAGI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA SORONG


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional memberikan perhatian sangat besar khususnya pada lembaga-lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi. Kerja keras pemerintah dalam menangani pendidikan dapat kita lihat dari beberapa segi diantaranya pembangunan dan perbaikan sarana dan parasarana pendidikan, peningkatan pengetahuan ketrampilan tenaga pendidik, penyesuaian kurikulum, perbaikan metode dan proses belajar mengajar dan lain-lain. Usaha tersebut diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan belajar mengajar secra maksimal yang beroriantasi pada peningkatan prestasi belajar peserta didik, sehingga dapat menjadi tolak ukur dalam peningkatan kualitas pendidikan sehingga mampu mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, termasuk didalamnya bidang pendidikan, maka matematika sebagai ilmu berfungsi sebagai alat untuk menjelaskan dan mengajarkan bagi ilmu-lainya. Matematika adalah salah satu alat untuk mengembangkan cara berpikir, oleh karena itu matematika sangat diperlukan baik dalam kehidupan seari-hari maupun dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga matematika perlu diajarkan dengan baiksejakTK sampai Perguruan Tinggi.
Sebagai seorang guru tidak hanya tingkat kedalaman konsep yang diberikan kepada pada siswa, namun juga disesuaikan pada tingkat kemampuanya dan cara-cara penyampaian materipun harus disesuaikan pada tingkatan IQ peserta dididik. Guru harus mengetahui tingkat perkembangan mental anak dan bagaimana pengajaran yang harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan, sesuai dengan psikologi mengajar atau teori mengajar yang didalamnya terdapat prosedur dan tujuan mengajar.
Bila guru mengajarkan suatu mata pelajaran, ia tidak hanya mengutamakan mata pelajaran akan tetapi harus juga memperhatikan anak itu sendiri sebagi manusia yang harus dikembangkan pribadinya. Nasution (1982;119). Jadi tugas pokok seorang guru tidak haya mengajar akan tetapi memperhatikan akhlak dan moral peserta didik agar bisa tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Seoarang guru adalah kunci dalam operasionalisasi pendidikan sehingga guru merupakan orang yang paling dekat dengan peserta didik dan merekalah yang lebih mengetahui sifat, watak, keinginan seta bakat peserta didik.
Kita bisa melihat dilapangan bahwa ketika peserta didik dipuji oleh guru, maka memungkinkan peserta didik tersebut memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dan akan bergairah untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Belajar akan lebih berhasil apabila respon murid terhadap sesuatu stimulus segera diikuti dengan rasa senang atau kepuasan. Adapun rasa senang atau kepuasan tersebut bisa timbul sebagai akibat dari anak mendapatkan pujian, ganjaran dan penguatan untuk melakukan dan meneruskan hal-hal yang baik.
Memberikan penguatan diartikan dengan tingkah laku guru dengan merespon secara positif suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tinkah laku itu timbul kembali. Saidiman (Hamzah,2005:168). Disisi lain Skinner juga menyatakan bahwa fokus nyata dalam pendidikan haruslah pada pemberian penguatan yang konsisten, segera dan positif bagi tingkah laku yang tepat dan bagi pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Sudjana (1989:122).
Atas dasar pemikiran di atas, maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat judul “Peningkatan Hasil Belajar Metematika Melalui Pemberian Penguatan Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong”.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas,  maka rumusan masalah yang diteliti adalah “Apakah hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong  dapat ditingkatkan melalui pembelajaran pemberian penguatan ?”.
C.     Cara Pemecahan Masalah
Masalah rendahnya hasil belajar matematika pada murid kelas  V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong dapat ditingkatkan dengan cara melaksanakan pembelajaran di kelas tersebut melalui pembelajaran dengan pemberian penguatan, yang dilengkapi dengan instrumen Lembar Observasi Aktifitas  Siswa (LOAS).

D.    Tujuan Penelitian
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah memberikan masukan bagi guru dan siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pemberian penguatan bagi siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong.

E.     Ruang Lingkup
Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong pada siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2008/2009. Adapun materi yang diajarkan dalam penelitian tindakan kelas ini  adalah Bilangan Bulat.

F.      Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.      Bagi siswa
a.       Dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal maupun individual
b.      Siswa lebih aktif belajar, bersikap positif dan bertanggung jawab serta senang belajar mtematika.
2.      Bagi Guru.
a.       Sebagai masukan dalam usaha peningkatan hasil belajar matematika
b.      Mendapatkan salah satu model pengajaran guna meningkatkan hasil belajar matematika, dan menambah wawasan dalam strategi pembelajaran.  
3.      Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan terhadap upaya perbaikan pembelajaran sehingga dapat menunjang tercapainya target kurikulum dan daya serap siswa sesuai dengan yang diharapkan.



Previous
Next Post »
0 Komentar