BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka peneliti menarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong mengalami peningkatan setelah diadakan pembelajaran dengan pendekatan pemberian penguatan saat proses berlangsung dengan hasil sebagai berikut :
1. Nilai skor rata-rata belajar matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong pada pokok bahasan bilangan bulat setelah diberi tindakan pada Siklus I adalah 54.71 dari skor yang mungkin dicapai yaitu 100 atau berada pada kategori kurang.
2. Skor rata-rata belajar matematika Siswa Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong pada pokok bahasan bilangan bulat setelah diberi tindakan pada Siklus II adalah 65.54 dari skor yang mungkin dicapai yaitu 100 atau berada pada kategori cukup.
3. Tingkat penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemberian penguatan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong pada pokok bahasan bilangan bulat yang indikatornya berupa peningkatan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa dari kategori kurang pada siklus I sebesar 54.71 menjadi 65.54 pada siklus II yang berada pada kategori cukup. Jadi disini peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pemberian penguatan dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong.
4. Selain hasil belajar meningkat keaktifan dan partisipasi siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong juga meningkat baik perorangan maupun kelompok. Dalam Hal ini kita dapat melihat dari adanya peningkatan frekuensi kehadiran siswa dalam tiap pertemuan, peningkatan keberanian dalam mempresentasekan hasil, maupun memberi tanggapan dari kelompok lain, juga keberanian mengerjakan soal di papan tulis. Keberanian dalam bertanya atau menjawab pertanyaan baik dari gurunya maupun dari rekannya juga semakin meningkat. Kesungguhan mengerjakan tugas pekerjaan rumah juga semakin meningkat, sebaliknya siswa yang kurang aktif semakin menurun.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah dikemukakan di atas maka disarankan sebagai berikut :
a. Bagi guru.
1. Guru diharapkan dapat memberikan penguatan pada setiap proses pembelajaran berlangsung
2. Guru diharapkan dapat menggunakan konsep penerapan pendekatan kontekstual agar siswa lebih mudah untuk memahami semua isi materi yang telah diberikan oleh guru.
b. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menggunakan subjek yang lebih luas, sehingga dapat diperoleh suatu informasi yang lebih akurat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
c. Kepada pihak-pihak yang terkait, hendaknya terus berusaha untuk mencari solusi dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dari kategori yang rendah menjadi kategori sangat tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Amirullah,2007, Kreatifitas guru dalam pembelajaran. Catatan kuliah Sorong, FKIP : UNAMIN
Darhim 1991, Pendidikan Matematika 2. Jakarta .
Enoch, J, Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Bumi Angkasa.
Hamzah, 2005,Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran.Gorontalo
Hamri, 2004, Meningkatkan HasilBelajar Matematika Melalui Pengajaran Langsung. Skripsi FMIPA UNM.
Jemani, 2000, Pengaruh Sikap Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. Skripsi FKIP UNCEN.
Khafit, M, 2007, Pelajaran Matematika. Jakarta .
Karso, 1992, Pendidikan Matematika 4. Jakarta .
Mahkal, M. 2005. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran di Kelas. Makassar : FMIPA UNM,
Muryono, S, 1993, Profesi Keguruan.Pondok Cabe. UT.
Nasution, H, 1992, Filsafat Ilmu Sebuah PengantarPopuler. Jakarta .
Nasution, 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung
Purwanto, N , 1990, Psikologi Pendidikan. Jakarta
Setijadi, 1992, Strategi Belajar Mengajar Matematika. Pondok Cabe. UT
Suparno, A. S. 2001. Membangun Kompotensi Belajar. Jakarta
Syah, M,1995, Psikologi Pendidikan. Bandung
Sudjana, N, 1989, Teori-TeoriBelajar Untuk Pengajaran. Bandung .
download skripsi lengkapnya di link ini : http://www.ziddu.com/download/9281692/skripsimulyadi.rar.html
0 Komentar