Lambang Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (KOBANGDIKAL)


Lambang Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (KOBANGDIKAL)

SEKILAS TENTANG KOBANGDIKAL

 TUGAS POKOK KOBANGDIKAL
Kobangdikal bertugas pokok menyelenggarakan pendidikan formal TNI Angkatan Laut yang meliputi pendidikan pertama, pendidikan pembentukan, pengembangan umum, pengembangan spesialisasi, Ilpengtek, peralihan dan pendidikan yang dibutuhkan dalam rangka peningkatan kualitas personel Angkatan Laut, serta melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi laut dan doktrin operasi amfibi tingkat taktik, serta pengkajian dan pengembangan dukungan umum operasi laut dan operasi amfibi tingkat taktik.
FUNGSI KOBANGDIKAL
1. Merumuskan rencana dan program pendidikan dalam lingkup kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya, serta melaksanakan pembinaan lembaga Kobangdikal, penhkajian dan pengembangan doktrin operasi laut dan doktrin operasi amphibi tingkat taktik serta pengkajian dan pengembangan dukungan umum operasi laut dan operasi amphibi tingkat taktik sesuai dengan kebijakan Kasal dan program pendidikan TNI AL.
2. Melaksanakan pendidikan pertama, pendidikan pembentukan, pengembangan umum, spesialisasi, peralihan dan Ilpengtek serta pendidikan lain sesuai kebijakan Kasal dan program pendidikan TNI AL.
3. Menyelenggarakan pembinaan Delapan aspek pendidikan yang meliputi pola dan struktur pendidikan, sepuluh komponen pendidikan, Perangkat kendali pendidikan (Katdaldik), dan perangkat operasi pendidikan (Katopsdik), penyelenggaraan pendidikan, lingkungan pendidikan, validasi pendidikan, pengembangan pendidikan serta tataran kewenangan dan tanggung jawab termasuk penelitian sesuai dengan lingkup kewenangannya.
4. Menyelenggarakan pengembangan dan pengkajian doktrin operasi laut dan operasi amphibi tingkat taktik serta pengkajian dan pengembangan dukungan umum operasi laut dan operasi amphibi tingkat taktik dalam rangka mengembangkan kemampuan operasional TNI AL sesuai dengan kebijakan Kasal dan pengarahan Aspam Kasal, Asops Kasal, Aspers Kasal, Aslog Kasal, dan Dankormar.
5. Menyelenggarakan pelatihan dasar kemiliteran matra laut secara wajib bagi warga negara sesuai peraturan perundang-undangan dan kebijakan Kasal.
6. Mengadakan koordinasi dan kerja sama dengan badan-badan serta instansi terkait didalam dan diluar lingkungan TNI AL, khususnya dengan Disdikal dalam perencanaan dan pelaksanaan pendidikan, dengan Aspam kasal dalam pengkajian dan pengembangan doktrin operasi laut dan operasi amphibi aspek intelijen maritim tingkat taktik, dengan Asops Kasal dalam pengkajian dan pengembengan doktrin operasi laut tingkat taktik, dengan Dankormar dalam pengembangan dan pengkajian doktrin operasi amphibi tingkat taktik serta  Dengan Aspers dan Aslog Kasal dalam pengkajian dan pengembangan doktrin dukungan umum operasi laut, operasi amphibi aspek tingkat taktik.
7. Mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan formal sesuai rencana dan program yang telah ditetapkan.
8. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasal, mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya. 
VISI KOBANGDIKAL
MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN DOKTRIN MATRA LAUT YANG BERMORAL, PROFESIONAL DAN BERANI
MISI KOBANGDIKAL

  • Melaksanakan operasional pendidikan
  • Melaksanakan pembinaan delapan aspek pendidikan
  • Melaksanakan penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan
  • Melakasanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi laut tingkat taktik, pengkajian dan pengembangan operasi amfibi aspek darat, serta pengkajian dan pengembangan dukungan umum operasi laut.
  • Melaksanakan pelatihan Dasmil matra laut secara wajib bagi warga negara 
  • LOGO KOBANGDIKAL

    * Casana  Berarti suatu tempat, juga dapat diartikan sebagai ajaran, perintah atau aturan.

    * Jala  Berarti laut.

    * Adhiguna  Berarti sesuatu hal yang sangat baik dan berguna.

    * Makna keseluruhan
    Kobangdikal merupakan tempat Kawah Candradimuka prajurit matra laut untuk menerima ajaran/pendewasaan maupun pengetahuan tentang keangkatan lautan agar dapat diamalkan dalam pengabdian terhadap nusa dan bangsa.
    TRISILA TNI AL
    1. DISIPLIN
    2. HIERARKI
    3. KEHORMATAN MILITER
    DIKUTIP DARI : http://www.kobangdikal.mil.id/index.php/home

    2 Responses to "Lambang Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (KOBANGDIKAL)"