Pulau yg Dimiliki oleh 2 Negara atau Lebih

Menurut Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional th 1982 (UNCLOS ’82), pulau adalah "daratan yg terbentuk secara alami & dikelilingi oleh air, & selalu di atas muka air pd saat pasang naik tertinggi". Dgn kata lain, sebuah pulau tdk boleh tenggelam pd saat air pasang naik.

Berikut daftar pulau yg dimiliki oleh 2 negara atau lebih, diurutkan dari pulau terluas hingga pulau terkecil.. Daftar ini hanya menyajikan pulau-pulau yg terletak di lautan, bukan pulau-pulau yg terletak di danau atau sungai.


Quote:
1. Papua (Indonesia 50%, Papua Nugini 50%)
Pulau Papua adalah pulau terluas kedua di dunia dgn luas 785.753 km² yg terletak di sebelah utara Australia. Bentuk pulau ini hampir menyerupai burung. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yg bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia & bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (5.030 m).

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Salah satu pintu perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Pulau Papua

Quote:
2. Kalimantan (Indonesia 73%, Malaysia 26%, Brunei Darussalam 1%)
Kalimantan adalah pulau terluas ketiga di dunia (setelah Greenland & Papua) dgn luas 748,168 km². Pulau ini terletak di sebelah utara Pulau Jawa & di sebelah Barat Pulau Sulawesi. Satu-satunya pulau di dunia yg dimiliki oleh 3 negara. Kalimantan juga sering disebut dgn istilah Borneo.

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Indonesia

Quote:
3. Irlandia (Republik Irlandia 83%, Britania Raya 17%)
Irlandia ialah sebuah pulau di lepas pesisir barat benua Eropa. Luasnya 81,638 km2. Di baratnya adalah Samudra Atlantik, sedangkan di timur Pulau Irlandia terdapat pulau Britania Raya.

Pulau Irlandia terbagi atas 2 bagian utama, yaitu Republik Irlandia (juga disebut Irlandia, terbagi atas 26 county, beribukota di Dublin) & Irlandia Utara (beribukota di Belfast, terdiri atas 6 county & merupakan bagian Britania Raya).

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Gedung Balaikota Belfast, ibukota Irlandia Utara

Quote:
4. Hispaniola (Republik Dominika 65%, Haiti 35%)
Hispaniola (dari kata Spanyol La Española) adalah pulau terbesar kedua di Laut Karibia setelah Kuba. Pulau ini memiliki luas daratan 73.929 km² & dibagi atas dua negara, Haiti & Republik Dominika. Christopher Columbus tiba di pulau ini pada 5 Desember 1492. Ia memberi nama pulau ini ‘La Espanola’.

Spoiler for peta:





Spoiler for foto:


Quote:
5. Tierra del Fuego (Chili 56%, Argentina 44%)
Tierra del Fuego adalah sebuah pulau seluas 47.992 km² yg terpisah dari Benua Amerika oleh Selat Magellan. Pulau ini terletak di ujung selatan Benua Amerika. Kepulauan ini dinamakan oleh Ferdinand Magellan, orang Eropa pertama yg melintasi perairan kepulauan tsb pada th 1520. Ushuaia, kota paling selatan di dunia, terletak di pulau ini.

Spoiler for peta:





Spoiler for foto:

Pemandangan kota Ushuaia, kota paling selatan di dunia

Quote:
6. Timor (Indonesia 53%, Timor Leste 47%)
Timor adalah sebuah pulau di bagian selatan Indonesia. Luas Pulau Timor sekitar 28.418 km², terbagi antara Timor Leste & Indonesia. Nama pulau ini diambil dari kata 'timur', bahasa Melayu untuk "timur"; dinamakan demikian karena dia terletak di ujung timur rantai kepulauan Nusantara.

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Prasasti di perbatasan Indonesia-Timor Leste di Mota Ain

Quote:
7. Cyprus (Cyprus 97%, Britania Raya 3%)
Cyprus adalah satu-satunya pulau di dunia yg memiliki status politik yg rumit. Secara de jure, pulau ini dimiliki oleh Republik Cyprus (97%) & Britania Raya (3%, yg menguasai kedaulatan atas wilayah Akrotiri & Dhekelia). Tetapi secara de facto, di pulau ini terdapat Turkish Republic of Northern Cyprus (36% dari luas pulau, yg hanya diakui oleh Turki) yg dipisahkan oleh sebuah UN buffer zone (1%), wilayah yg dikontrol Republik Cyprus (61%) & wilayah yg dikontrol oleh Britania Raya (2%).

Cyprus, ketika msh merupakan jajahan Britania Raya, akan diberikan kpd Yunani. Tetapi minoritas Turki menolak. Akhirnya kompromi disepakati & pd 1959 didirikan negara Cyprus merdeka. Tetapi kedua belah pihak tdk puas & akhirnya pd 1974, sebuah kelompok yg menginginkan persatuan dgn Yunani mengadakan kudeta yg dibalas dgn invasi Turki. Semenjak itu Turki menduduki wilayah utara, yg dikenal dgn nama Turkish Republic of Northern Cyprus. Turkish Republic of Northern Cyprus adalah suatu negara yg secara de facto merdeka, tetapi tdk satupun negara anggota PBB yg mengakui kedaulatannya, kecuali Turki.

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Pemukiman di Nicosia, ibukota Cyprus

Quote:
8. Sebatik (Indonesia 57%, Malaysia 43%)
Sebatik adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan. Pulau ini secara administratif dibagi menjadi dua bagian. Wilayah sebelah utara dgn luas 187,23 km2 masuk Malaysia. Sedangkan sebelah selatan masuk Indonesia dgn luas 246,61 km2.

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Pos lintas batas Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik

Quote:
9. Usedom (Jerman 79%, Polandia 21%)
Usedom (bahasa Jerman) atau Uznam (bahasa Polandia) adalah sebuah pulau di Laut Baltik. Pulau ini dikuasai oleh Jerman & Polandia. Luas wilayah & populasi Usedom ialah 445 km² & 76.500 jiwa. Sekitar 373 km² & 31.500 jiwa berada di sisi Jerman & sisanya 72 km² & 45.000 jiwa berada di sisi Polandia.

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:

Tapal batas Jerman-Polandia di Pulau Usedom

Quote:
10. Saint Martin (Prancis 61%, Belanda 39%)
Saint Martin adalah sebuah pulau tropis di timur Laut Karibia, terletak sekitar 300 km (186 mil) di sebelah timur Puerto Riko. Pulau seluas 87 km² ini dibagi dua antara Perancis & Antillen Belanda.

Spoiler for peta:



Lokasi Saint Martin (lingkaran merah)



Spoiler for foto:

Pantai tropis di Saint Martin

Quote:
11. Kataja-Inakari (Finlandia, Swedia)
Kataja adalah titik paling timur di Swedia. Lokasi pulau kecil ini adalah di sebelah selatan kota Haparanda, kota paling timur di Swedia. Pulau ini terletak di Teluk Bothnia di Laut Baltik. Luas pulau ini adalah 0.71 km², dgn panjang sekitar 2 km & lebar 200-500 m.

Pulau ini dikuasai oleh Swedia & Finlandia. Sebelum th 1809, Kataja-Inakari adalah dua pulau yg terpisah, yaitu Pulau Kataja (Swedia) & Pulau Inakari (Finlandia). Sejak 1809, efek post-glacial rebound menyebabkan permukaan tanah, yg sebelumnya tertutup air laut, naik & akhirnya menggabungkan kedua pulau ini menjadi satu pulau baru.

Spoiler for peta:




Spoiler for foto:


Quote:
12. Market (Finlandia 50%, Swedia 50%)
Märket adalah pulau kecil tak berpenghuni yg terletak di Teluk Bothnia di Laut Baltik. Pulau ini dimiliki oleh Swedia & Finlandia (daerah otonomi khusus Aland). Pulau ini dibagi menjadi dua sejak Treaty of Fredrikshamn (Hamina) th 1809 yg menentukan garis perbatasan antara Swedia & Rusia (yg menguasai Finlandia sejak abad 18 hingga 1917). Daratan paling barat di Finlandia ada di pulau ini. Dgn panjang sekitar 350 meter & lebar sekitar 150 meter, serta luas wilayah sebesar 0.03 km2, menjadikan Market adalah pulau terkecil di lautan yg dimiliki oleh dua negara.

Ada kisah menarik tentang garis perbatasan di pulau ini. Di pulau ini terdapat bangunan mercusuar di sisi Finlandia sekarang. Ketika mercusuar tsb dibangun Rusia pd 1885, tdk ada peta pulau ini yg jelas & akurat Setelah pembangunan selesai, ternyata diketahui bahwa mercusuar tsb dibangun di wilayah Swedia. Akhirnya, garis perbatasan diatur & diukur ulang kembali di th 1985 sehingga mercusuar tsb sekarang berada di wilayah Finlandia. Namun, luas keseluruhan daratan yg diberikan ke masing-masing negara tdk berubah. Pengukuran ulang tsb menghasilkan garis perbatasan yg bisa kita lihat sekarang ini, yg berbentuk seperti huruf Z. Perbatasan ini dicek secara rutin setiap 25 th sekali oleh perwakilan resmi kedua negara. Pengecekan bersama yg terakhir terjadi di bulan Agustus 2006.

Spoiler for peta:



Lokasi Pulau Market



Spoiler for foto:

Pulau Market dilihat dari atas, bandingkan dgn petanya


Mercusuar di Pulau Market

0 Response to "Pulau yg Dimiliki oleh 2 Negara atau Lebih"

Poskan Komentar