kekuatan Militer Suriah di Perhitungkan


Kekuatan militer Suriah yang dikenal sebagai kawan dekat Iran, kini semakin diperhitungkan AS dan Israel. Ibrahim Othman yang menjabat sebagai kepala pusat nuklir Suriah telah menyatakan bahwa fasilitas militer yang baru telah dibangun di tempat yang pernah diluluhlantakkan tentara Israel pada 2007 silam.
Adalah Dair Alzour yang diyakini telah dijadikan basis kekuatan militer Suriah berbekal keterangan Othman yang diungkapkan kepada badan pengawas nulir internasional, IAEA. Lokasi sangat terpencil Dair Alzour pernah dibom pesawat Israel karena dianggap sebagai reaktor nuklir yang dibangun atas bantuan negara komunis Korea Utara.
Deteksi Pangkalan Militer Rahasia
Meski terbilang produk baru yang dikeluarkan Google, Google Earth baru-baru ini membuat kontroversi dan membuat pihak Israel terperangah. Apa sebab? Layanan peta satelit global itu mampu menemukan pangkalan rahasia milik Suriah. Temuan ini jelas menghentakkan dunia, terutama Israel dan AS yang sedari awal sudah mewaspadai kekuatan rahasia Suriah.
Beberapa foto yang ditampilkan Google Earth memperlihatkan secara jelas para tentara Suriah yang sedang membangun pangkalan rudal Scud di wilayah dekat dengan Damaskus. Basis militer rahasia tersebut terletak di sebuah lembah rahasia yang kedalamannya mencapai 400 meter dengan serangkaian terowongan yang menghubungkan antara dasar lembah ke pegunungan yang berderet di sekelilingnya. Dana menurut informasi terpercaya, rudal Scud juga disimpan di terowongan-terowongan tersebut.
Presiden Suriah, Bashar Assad memang begitu giat dalam mempersenjatai militernya dengan peralatan canggih dan modern. Tak mengherankan karena selain Iran, yang menjadi bidikan tentara Israel dan AS yakni Hizbollah di Libanon dan Suriah.
Latihan Militer Gabungan
Memburuknya hubungan antara negara Musthafa Kemal Attaturk, Turki dibawah rezim Reccep Erdogan ternyata mampu dimanfaatkan oleh Suriah untuk mempererat kerjasama terutama di bidang militer. Baru-baru ini, menteri pertahanan Suriah Ali Habib menegaskan bahwa negaranya akan mengadakan latihan gabungan dengan militer Turki. Tentu berita yang jelas-jelas memerahkan kuping tentara Israel.
Militer kedua negara telah melakukan latihan gabungan sejak akhir April yang salah satu tujuannya untuk mengembangkan aksi-aksi militer di wilayah perbatasan. Hubungan Israel-Turki memanas pasca negeri Yahudi tersebut yang menyatakan bahwa Ankara (ibu kota Turki) tidak mengikutsertakan dalam pelatihan angkatan udara gabungan yang dilakukan dengan para anggota NATO.
Suriah dan Gerakan Hizbulloh
Berawal dari berbagai tekanan Barat terhadap gerilyawan Libanon, Hezbulloh, Suriah melakukan kritik dan geliat perlawanan kepada Israel dan sekutunya. Hubungan memanas antara gerilyawan Hizbulloh dengan militer Israel kembali terjadi terutama ketika Israel menggempur habis-habisan Gaza, Palestina, dan disaat bersamaan beberapa misil ditembakkan, yang menurut Israel dilakukan oleh Hizbulloh.
Seperti difahami banyak kalangan, bahwa gerakan Hizbulloh begitu kokoh karena didukung oleh Iran dan juga Suriah terutama dalam kelengkapan persenjataan. Washington menilai manuver yang dilakukan Suriah dalam mendukung Hizbulloh merupakan bentuk perlawanan terhadap mereka.
Perang statement makin memanas ketika presiden Israel, Shimon perez menuding Suriah telah mengirimkan rudal Scuad untuk Hizbulloh, yang tentu dibnatah Walid Moualem, Menlu Suriah.
Kita yang berada di negara mayoritas Islam tentu berharap bahwa konflik yang terjadi di wiliyah Timur Tengah (Middle East) bisa segera teratasi sehingga perdamaian warga dunia dapat terwujud secepatnya.

2 Responses to "kekuatan Militer Suriah di Perhitungkan"

  1. langsung serang aJj tu IsraeL..!!!

    BalasHapus
  2. Hmm, menarik. Tapi patut diperhatikan juga seberapa besar peningkatan kekuatan militer Suriah. Bukan apa-apa, selama 3 episode Perang Arab-Israel, Suriah selalu menuai kekalahan. Makanya walaupun mereka ga suka dengan Israel yg udah mencaplok wilayah Golan dari mereka, Suriah tetap ga berani menyerang Israel secara terang-terangan & paling jauh hanya sebatas menyuplai persenjataan untuk milisi Hizbullah di Lebanon

    BalasHapus