Latest Artikel :

Download Kamus Jawa Indonesia versi 2.1

Pengantar
Alhamdulillah, tidak ada yang bisa saya ucapkan kecuali kesyukuran yang amat sangat karena blog ini sudah menjebol angka pengunjung 60.000. Di sisi lain, saya masih diberi kesempatan untuk belajar membuat aplikasi berbasis visual basic. Dan hasilnya, sebuah software kamus yang diperbarui, yang dijamin bebas virus(tidak seperti yang kemarin ketika beberapa kamus terindikasi mengandung virus).

Dibalik cerita, sejujurnya banyak diantara teman-teman saya yang sangat piawai, sangat pakar dalam membuat aplikasi sepertini. Bagi mereka, aplikasi seperti ini remeh temeh lah. Berkali dan berkali saya mencoba memohon diantara mereka untuk belajar, agar bisa melanjutkan cita-cita saya membuat kamus dari bahasa-bahasa di nusantara. Tetapi mungkin karena kita hidup di Indonesia sehingga kata-kata: “Saya ingin belajar” yang saya ucapkan dan mohonkan kepada mereka untuk mengajari saya, seolah menjadi klise dan hanya angin lalu. Tidak ada yang sungguh-sungguh memperdulikan.
Saya juga mencoba memohon kepada mereka untuk membuatkan aplikasi macam ini, sehingga dikolaborasikan kemampuan kita, bahwa mereka yang membuat software dan saya yang mengumpulkan database. Tetapi janji tinggalah janji karena toh diantara mereka yang berjanji, tidak berkesempatan untuk memberikan software yang saya masukkan.
Ya sudah.
Kadang saya berprasangka, apakah teman-teman sudah demikian terjebak hidup di alam yang serba kapitalistik ini berarti harus memiliki modal rupiah demi mendalami suatu ilmu? Apakah tidak cukup bahwa Allah menjanjikan surga bagi mereka yang memberikan ilmu kepada orang-orang yang membutuhkan dan memberikan kemanfaatan luas?
Ya sudah. Sekali lagi.
Menunggu dan menyesali tentunya tidak menyelesaikan masalah. Apalagi menyalahkan orang lain, malah menambah masalah.
Akhirnya toh harus saya sendiri yang berusaha untuk mewujudkan apa yang saya cita-citakan. Berbulan-bulan mencari referensi di internet, berbulan-bulan memahami satu persatu coding, simbol dan source-source dan dari berbagai aplikasi mulai dari php, access, c++, net bean, visual basic, foxpro dan berbagai lainnya. Semua dilakukan di sela-sela kerja, tengah malam ataupun saat senggang. Dan gagal..gagal..gagal terus. Rumusan kode itu semacam rumus kimia yang butuh imajinasi ekstra dalam menerjemahkannya. Pusing!!!
Sampai suatu ketika, Allah menunjukkan kuasanya dengan memberikan satu file source code yang alhamdulillah bisa saya terjemahkan dan saya utak-atik. Rasanya sungguh luar biasa.
Kawan-kawan, di sini saya tidak hendak berlaku sombong. Beberapa waktu dulu saya pernah menuliskan cerpen berjudul Jago Dengklang sebagai gambaran bahwa siapapun yang tidak dianggap, harus berusaha keras merubah diri untuk membuktikan bahwa dia benar-benar bernilai. Harus!!!
Dan memang saya hidup di tengah bangsa bernama Indonesia yang dari waktu ke waktu manusianya selalu kalah oleh realitas. Miskin idealitas. Kita terbiasa menjadi bangsa konsumen dan pengemis, dan tidak pernah bermimpi untuk menjadi bangsa produsen dan pemberi. Kita terlalu lemah untuk mengatakan ‘tidak berutang’ kepada bangsa lain. Kita terlalu naif untuk bicara bahwa cita-cita dan semangat bukanlah retorika omong kosong untuk membuat kita menjadi manusia bernilai. Dan akhirnya kita menjadi bangsa yang mati di tengah kehidupan zaman.
Kenapa tidak berbuat?
Lewat tulisan ini, dengan segenap kerendahan hati, saya mengajak anda-anda untuk tidak hanya berfikir bahwa kita tidak bisa. KIta pasti bisa selama kita berpikir bahwa kita bisa (nggak mesti “bersama kita bisa”..kayak iklan partai=lebih mirip”bersama kita gila”). Siapa yang tahu batas kemampuan kita? Jika kemampuan seseorang biasa diukur dari hasil kerjanya. Maka, yang mengecewakan, adalah orang yang tak mengerjakan sesuatu sesuai kemampuannya. Yang hebat, adalah orang yang mengerjakan sesuatu melebihi kemampuannya. Maka lakukanlah apa yang Anda anggap, atau dianggap orang tidak mungkin. Gagal itu biasa, lebih baik gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali, tetapi jika berhasil, tentu saja itu menjadi hal yang luar biasa. Dan semakin kita sering melakukan hal-hal luar biasa, tentunya kita bisa membalik logika bahwa kita adalah bangsa yang biasa berhasil dan tidak boleh ada kata gagal! Sekali lagi: tidak boleh ada kata gagal! Apalagi bersikap pengecut dengan bilang tidak mampu sebelum mencoba.
Dan, tentunya bukan hanya itu. Lebih jauh lagi saya mengajak diantara kita untuk mau berbagi. Jangan mikir komersil melulu bahwa kita sudah susah payah menciptakan sesuatu dan kemudian harus dijual ataupun harus laku. Ada wilayah-wilayah tertentu dimana anda memang harus membelanjakan kemampuan Anda demi rupiah, demi nafkah keluarga, demi hadiah, penghargaan dan “komersialisasi definisi sukses” ala kapitalistik. Tetapi di sekitar kita jangan lupa, ada amanah-amanah lain yang tidak pernah menjanjikan sepeser rupiah pun. Ada masyarakat miskin yang lepas dari tanggungjawab negara ketika mereka sakit, terbelakang dan kelaparan, Ada nilai-nilai luhur budaya bangsa yang butuh dilestarikan ketika lepas dari tanggungjawab negara dan sama sekali tidak laku dijual di tengah generasi dugem ini. Ada semangat kegotongroyongan untuk ikhlas berbagi diantara kita karena memang diantara kita butuh untuk saling menolong saat uang sama-sama tidak punya, dan negara lebih sibuk bersenggama dengan modal daripada melindungi masyarakatnya. Ada hutang kita kepada para pahlawan, pada syuhada, guru dan orang-orang yang berjasa membuat kita menjadi cerdas dan hidup di tanah merdeka ini, saat negara tidak memberikan kesejahteraan kepada mereka. Di sanalah ada ruang dan ada peran  kita ditunggu untuk berbuat. Tidak ada yang pernah menjanjikan rupiah, kecuali sebuah keyakinan bahwa Allah Maha Menghitung dan Maha Pemurah, Dialah Tuhan yang selalu bersama dengan doa orang-orang tertindas.
Maka, meskipun sederhana, hanya software kamus, tetapi ini bagian dari kecintaan saya kepada tanah air. Di tengah keprihatikan karena banyak aset bangsa disia-siakan oleh bangsa sendiri, dan dicomot bangsa lain untuk kepentikan komersial mereka, barangkali lewat secuil karya ini bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi bangsa dan negara.
Selamat menggunakan.
Penjelasan Software
Untuk software ini kayaknya lebih enak dijelaskan dengan gambar ini:

Mudah kok menggunakannya. Ukuran file cukup kecil: hanya 614 kb.Bisa ditambah dan dikurangi (entri data) kosakata di dalamnya, boleh disebarluaskan. Bersifat freeware.
Silahkan klik di sini untuk download di ziddu
Silahkan klik di sini untuk download dari box.net
Silahkan klik di sini untuk download dari server UGM
Silahkan klik di sini untuk download dari hostinglokal.com
Demkian, silahkan email saya jika ada yang missing link.
Andaikata Anda merasa terpanggil untuk mensupport usaha saya, tentu saja saya tidak menolak. Donasi, silahkan kirim ke rekening: Bank Mandiri cabang MM UGM No. 137-00-0628060-2 a.n. FERIAWAN AGUNG NUGROHO. Atau yang terpenting, saya mohon doanya agar kami sekeluarga bisa tetap berkarya, sehat dan sejahtera dalam lindungan Allah SWT. Semoga Allah memberikan balasan yang sesuai atas apa yang Anda lakukan.
Tetap Jaya Indonesia!!!
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ardi La Madi's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger